Senin, 02 November 2015

Khasiat Belimbing Asam

          




Hai,,,teman-teman tahu tidak jika belimbing asam banyak sekali khasiatnya lho. Belimbing asam yang memiliki nama Latin Averhoa bilimbi ini tumbuh baik di tempat-tempat terbuka yang mempunyai ketinggian kurang dari 500 meter di atas permukaan air laut. Tumbuhan ini tingginya dapat mencapai lebih dari 10  meter dan memilliki batang yang keras. Batangnya tidak banyak memiliki cabang, sedangkan daunnya bersirip genap. Bunganya kecil-kecil menggantung berwarna merah atau keunguan dengan buah memanjang dan dalamnya berongga, berbiji-biji. Daging buahnya banyak mengandung air dan beras asam. Tumbuhan belimbing asam ini dibedakan menjadi dua macam, yaitu yang menghasilkan buah berwarna hijau dan yang menghasilkan buah berwarna kuning muda atau putih.
Klasifikasi Belimbing Asam:

Kerajaan:
Plantae
Divisi:
Magnoliophyta
Kelas:
Magnoliopsida
Ordo:
Oxalidales
Famili:
Oxalidaceae
Genus:
Averrhoa
Spesies:
A. bilimbi
 

Tahu tidak nama-nama local dari belimbing asam, kawan??? Nama-nama lokal tumbuhan ini antara lain adalah:
› Belimbing asam (Indonesia)
› Calincing (Sunda)
› Blimbing wuluh (Jawa)
› Bhalimbing bulu (Madura)
› Blimbing buluh (Bali)
› Selimeng (Aceh)
› Balimbeng (Flores)
› Balimbing (Lampung)
› Celane (Bugis)
  Takurela (Ambon)
Belimbing asam juga mengandung unsur-unsur kimia seperti asam oksalat, kalium, dll. Di samping itu, daun belimbing asam mengandung ekstrak untuk melawan staphylococus.

Apa saja ya manfaat dari belimbing asam?
1.      Mengobati batuk
Cara pemanfaatannya adalah:
a.       Siapkan 1 genggam bunga belimbing asam dan 1 potong gula batu. Kemudian direbus dengan 1 gelas air sampai mendidih hingga tinggal ½ gelas. Air ini diminum pagi dan sore secara rutin.
b.      Siapkan daun, bunga, dan buah belimbing asam. Kemudian ditambah gula merah dan adas pulawaras. Selanjutnya direbus dengan 1 gelas air sampai mendidih dan hingga tinggal ½ gelas, diminum pagi dan sore secara rutin.
2.      Mengobati encok
a.       Siapkan 1 genggam daun belimbing asam, ditambah kapur sirih. Kemudian ditumbuk sampai halus. Cara penggunaannya adalah dengan dogosokkan sebagai param.
b.      Siapkan 4 genggam daun belimbing, kemudian ditumbuk. Cara penggunaannya sama dengan di atas tadi yaitu digosokkan di bagian pinggang.
3.      Sebagai obat sariawan
Siapkan 11 kuntum bunga belimbing asam, asam jawa, dan gula merah. Ketiga bahan tersebut kemudian direbus dengan 2 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas saja. Ramuan ini diminum setiap pagi dan sore.
4.      Mengobati hipertensi
Siapkan 3 buah belimbing asam, ½ ikat daun kemangi direbus dengan 2 gelas air sampai mendidih hingga tinggal ½ gelas. Kemudian disaring, diminum menjelang tidur dan diulangi 3 kali sehari.
5.      Mengobati penyakit diabetes mellitus, demam, dan radang poros usus
Siapkan 3 genggam daun belimbing asam, kemudian direbus dengan 1 liter air sampai mendidih, kemudian disaring, diminum 2 kali sehari, pagi dan sore.
6.      Menghilangkan jerawat
Siapkan 3 buah belimbing asam dan garam secukupnya. Buah belimbing diparut, kemudian kedua bahan tersebut dicampur digunakan sebagai bedak pada bagian wajah yang berjerawat.
Nah, mudah bukan cara pemanfaatannya??? Maka dari itu teman, jangan sia-siakan apapun yang ada di dunia ini. Sebab, hal-hal kecil yang kita anggap tidak bermanfaat, malah justru sebaliknya… Sekian dan terima kasih...

Sumber: Kalyanamitra.2014.Memanfaatkan Tanaman Berkhasiat Obat untuk Kesehatan Kekayaan Alam Negeri Sendiri.Jakarta:Kalyanamitra 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar