LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK
(LKPD)
untuk Kelas IV SD/MI
Ilmu
Pengetahuan Alam
SIFAT-SIFAT CAHAYA
A.
Tujuan Kegiatan
Kompetensi
Dasar:
3.6
Memahami sifat-sifat cahaya melalui pengamatan dan mendeskripsikan penerapannya
dalam kehidupan sehari-hari
Indikator:
3.6.1 Siswa
mampu memahami sifat-sifat cahaya melalui praktik pembuktian dengan baik dan
benar
3.6.2
Siswa mampu menjelaskan berbagai penerapan cahaya dalam kehidupan sehari-hari
dengan mempresentasikan dengan baik hasil praktik secara berkelompok
B.
Alat dan Bahan
1.
Buah apel/jeruk
2.
Senter/laser
3.
Cermin datar
4.
Gelas bening/gelas plastik bening
5.
Air
6.
Pensil/pena
7.
Botol bekas parfum/pewangi
pakaian semprot
8.
Potongan kardus dengan ukuran 30
× 30 cm
C.
Cara Kerja
1.
Semua alat dan bahan disiapkan
2.
Siswa berdiri kurang lebih 2-3 meter
menghadap tembok kelas
3.
Siswa memegang senter/laser
dengan menggunakan tangan kanan
4.
Senter dihidupkan ke arah tembok
dan diamati hasilnya serta dicatat di dalam tabel pengamatan
5.
Siswa menyiapkan buah apel/jeruk,
gelas kaca/plastik bening, dan senter
6.
Senter dihidupkan dengan arah
menuju buah apel/jeruk, kemudian diamati dan dicatat di tabel pengamatan
7.
Senter kemudian dihidupkan ke
arah gelas kaca/plastik bening, diamati dan kemudian dicatat hasilnya di tabel
pengamatan
8.
Gelas kaca bening diisi air
hingga mendekati penuh, kemudian pensil/pena dimasukkan ke dalamnya.
Selanjutnya diamati dan dicatat hasilnya di dalam tabel pengamatan
9.
Cermin datar diletakkan di atas
potongan kardus dengan posisi cermin berdiri
10. Senter
dinyalakan dan di arahkan pada cermin dengan sudut kurang lebih 120° (sudut
tumpul). Kemudian diamati dan hasilnya dicatat di tabel pengamatan
11. Air dimasukkan ke dalam botol bekas
parfum/pewangi pakaian semprot dan kemudian berdiri di tempat yang terkena
sinar matahari
12. Air
di dalam botol disemprotkan tepat di bawah sinar matahari, kemudian diamati dan
dicatat hasilnya dalam tabel pengamatan
D.
Tabel Pengamatan
No
|
Kegiatan
|
Hasil Pengamatan
|
1.
|
Berdiri di depan tembok
|
....
|
2.
|
Senter diarahkan ke gelas
|
....
|
3.
|
Senter diarahkan ke buah
|
....
|
4.
|
Pensil/pena dimasukkan ke dalam gelas berisi air
|
....
|
5.
|
Senter diarahkan ke cermin datar
|
....
|
6.
|
Menyemprotkan air di bawah sinar matahari
|
....
|
E.
Analisis Data Hasil Pengamatan
|
F.
Evaluasi
1.
Apabila sebuah lilin yang menyala
diletakkan di samping tiga kertas yang dilubangi sesuai dengan tinggi cahaya
lilin, apakah cahaya tetap merambat lurus? Berikan alasanmu!
...................................................................................................................................
...................................................................................................................................
...................................................................................................................................
...................................................................................................................................
...................................................................................................................................
2.
Apabila gelas yang awalnya berisi
air putih/bening biasa diganti dengan menggunakan cairan berwarna gelap,
kira-kira apa yang terjadi?
....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
3.
Jika kita bercermin, kita akan
melihat bayangan kita pada cermin tersebut. Mengapa hal ini bisa terjadi?
....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
4.
Sifat cahaya yang bagaimanakah
pada peristiwa alam adanya pelangi?
....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
G.
Simpulan
|
Sumber: Permendikbud No 57 Tahun 2014
Tidak ada komentar:
Posting Komentar